Perhitungan Struktur Jembatan Komposit ini merupakan salah satu proyek saya yang berjudul Perencanaan Revitalisasi Jembatan Dari Semi Permanen Menjadi Permanen Rayon A 100m' Kab. Rokan Hulu. Salah satu titik perencanaan ini adalah jembatan simpang D Kecamatan Rambah Hilir Kab. Rokan Hulu dengan bentang 18M.
Beban-beban yang kita perhitungkan pada gelagar jembatan ini hampir sama dengan beban beban yang bekerja pada perhitungan struktur slab jembatan. Bedanya adalah pada bebab hidup. Klo pada slab jembatan kita kenal namanya Beban "T� yang merupakan beban terpusat untuk lantai kendaraan. Untuk beban pada gelagar ini kita kenal beban lajur "D" terdiri dari beban terbagi rata (Uniformly Distributed Load), UDL dan beban garis (Knife Edge Load), UDL mempunyai intensitas q (kPa) yang besarnya tergantung pada panjang total L yg dibebani lalu-lintas atau dinyatakan dengan rumus sebagai berikut :
q = 8.0 kPa untuk L = 30 m
q = 8.0 *( 0.5 + 15 / L )kPa untuk L > 30 m
Untuk beban-beban yang lain hampir sama dengan perhitungan struktur slab jembatan.
Selain perhitungan tentang girder jembatan, mengingat konstruksi ini adalah komposit antara beton bertulang dengan baja profil, maka perlu diperhitungkan tulangan geser yang bekerja antara slab beton dengan girder profil baja (shear connector). Untuk lebih jelasnya langsung lihat aja pada contoh perhitungan struktur girder komposit yang bisa di download DISINI..
Judul: PERHITUNGAN STRUKTUR GELAGAR JEMBATAN KOMPOSIT
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh 22.21
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh 22.21