Nelayan Tradisional di Bangka Sweeping Kapal Compreng


ilustrasi nelayan tradisional




Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

TRIBUNNEWS.COM, BANGKA - Nelayan tradisional yang beroperasi di wilayah perairan Bangka, berencana melakukan aksi sepihak, menangkap "kapal compreng" yang berteknologi canggih. Kapal- kapal canggih itu, diduga berasal dari luar Provinsi Bangka Belitung.


Pasalnya, mereka semakin resah kalah bersaing dengan kapal compreng.


"Melihat situasi di laut, nelayan Sungailiat sudah siap melakukan sweeping langsung dengan kekuatan armada 10 hingga 15 unit kapal nelayan," kata Sekretaris DPC HNSI Kabupaten Bangka Ridwan kepada bangkapos.com (Tribunnews.com Network) melalui sambungan telepon, Selasa (16/7/2013).


Beberapa waktu lalu, kata dia, nelayan menemukan dua unit kapal compreng yang bersandar di Pantai Bedukang yang berasal dari luar Bangka. Menurut warga, kapal compreng itu melakukan pengeboman ikan yang membuat para nelayan tradisional semakin kesal.


Karenanya, menurut Ridwan, HNSI mencoba melakukan pencerahan agar nelayan tidak terpancing emosi dan melakukan aksi anarkis.


"Kami memberikan arahan agar situasi tetap kondusif dan menyerahkan sepenuhnya permasalahan ini dengan polair dan Lanal Babel dalam pertemuan sore ini juga dihadiri Kasatpolair Polres Bangka AKP Juanda. Jangan sampai nelayan ini saat sweeping tidak didampingi polair karena jika terjadi anarkis nelayan sendiri yang rugi," ungkap Ridwan.


thumbnail
Judul: Nelayan Tradisional di Bangka Sweeping Kapal Compreng
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tradisional :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz